Ingin Kredit Motor? Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Mengajukan Kredit

  • Whatsapp

Ingin-Kredit-Motor?-Perhatikan-6-Hal-Ini-Sebelum-Mengajukan-Kredit
Ketika Anda ingin mengajukan kredit kepemilikan kendaraan bermotor, apa yang harus Anda perhatikan? Apakah Anda hanya perlu memperhatikan merk dan jenis motor yang ingin Anda miliki, atau ada hal lainnya yang lebih penting? Kredit motor memang sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan. Ada banyak hal yang harus menjadi perhatian dan pertimbangan Anda.

Kenapa perlu demikian? Ini dilakukan demi kelancaran pengajuan kredit dan juga selama masa kredit. Ketika Anda membeli motor secara tunai, urusan keuangan sudah selesai. Namun ketika Anda membeli motor secara kredit, sampai jangka waktu kredit selesai.

Untuk itu Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum mengajukan kredit motor:

1. Harga, cicilan, dan jangka waktu kredit

Yang pertama, perhatikan harga, besar cicilan, dan jangka waktu kredit. Perlu Anda ketahui, semakin cepat jangka waktu kredit maka semakin besar nominal cicilan yang harus dibayarkan. Semakin lama jangka waktu kredit yang Anda pilih, maka semakin ringan jumlah cicilan yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, sesuaikan besar cicilan dan jangka waktu kredit dengan kondisi keuangan Anda.

Selain ketiga hal tersebut, Anda juga perlu memperhatikan besaran uang muka yang harus dibayarkan. Setiap perusahaan leasing memiliki kebijakannya masing-masing terkait besaran uang muka. Anda bisa memilih perusahaan yang menawarkan kredit tanpa uang muka atau dengan uang muka yang ringan.

2. Persyaratan pengajuan kredit

Yang kedua, perhatikan persyaratan pengajuan kredit. Saat ini pengajuan kredit kepemilikan kendaraan bermotor sangat mudah. Anda cukup memiliki KTP, KK, dan penghasilan tetap. Selain itu, ada beberapa tambahan berkas tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.

Jika Anda merasa berkasnya terlalu banyak dan rumit, lebih baik Anda memilih perusahaan leasing lainnya yang persyaratannya lebih mudah. Bahkan Anda juga bisa melakukan kredit di perusahaan leasing yang memberlakukan kredit dengan sistem syariah. Yang mana persyaratannya cenderung memudahkan dan tentunya berasas pada aturan-aturan Islam.

3. Biaya lain-lain

Yang ketiga, perhatikan juga biaya-biaya lain yang dibebankan, misalnya biaya administrasi, denda, dan sebagainya. Cari tahu macam-macam biaya ini sebelum Anda mengajukan kredit agar tidak kaget nantinya. Anda bisa bertanya kepada pihak penjualan.

4. Fasilitas yang didapatkan

Yang keempat, cari tahu fasilitas yang Anda dapatkan dari pengajuan kredit ini. Biasanya, Anda yang mengajukan kredit motor akan mendapat berbagai fasilitas menarik dibandingkan mereka yang membeli motor secara tunai. Fasilitas tersebut seperti asuransi kendaraan, promo menarik, hingga berbagai souvenir.

Anda bisa memanfaatkan promo yang diberikan. Promo ini biasanya berupa cashback, diskon, hingga promo cicilan 0%. Anda juga berkesempatan mendapatkan souvenir menarik. Yang lebih penting, Anda bisa mendapatkan fasilitas asuransi kendaraan bermotor.

5. Pengambilan BPKB

Yang kelima, cari tahu cara pengambilan BPKB motor. Apakah Anda akan langsung mendapat BPKB ketika membayar angsuran terakhir, ataukah harus melewati proses tertentu? Pastikan proses pengambilan BPKB ini tidak rumit dan cepat.

6. Penalti

Yang terakhir, perhatikan penalti yang diberlakukan. Selain ada denda keterlambatan pembayaran angsuran, Anda juga bisa dikenakan penalti lainnya, seperti denda pelunasan dipercepat hingga penalti penarikan motor. Cari tahu hal-hal yang bisa menyebabkan Anda mendapatkan penalti.

Jika Anda sudah mengetahui hal-hal yang menyebabkan penalti, usahakan sebisa mungkin untuk menghindarinya. Bayar cicilan kredit tepat waktu, jangan sampai telat agar motor tidak ditarik. Anda boleh saja mempercepat pelunasan. Namun pastikan waktunya tepat sehingga Anda tidak dikenakan biaya penalti.

Nah, itulah 6 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengajukan kredit motor. Selain memperhatikan keenam hal ini, Anda juga perlu memilih perusahaan pembiayaan dan dealer motor dengan cermat. Pilihlah yang terpercaya. Kalau bisa, pilih juga yang menawarkan banyak promo agar kredit Anda semakin ringan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *