Daftar Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik dan Paling Praktis

  • Whatsapp

Kemajuan teknologi yang semakin canggih tentu membawa dampak pada kehidupan manusia, termasuk berkaitan aktivitas keuangan. Sekarang Kamu dapat menggunakan aplikasi pengatur keuangan untuk membantu menjaga kestabilan serta meningkatkan kondisi finansial.

Dengan sistem pengelolaan digital berikut Anda akan semakin mudah mewujudkan rencana jangka pendek atau panjang di masa depan.

Rekomendasi Aplikasi Pengelolaan Keuangan Terbaik

Inilah beberapa aplikasi aplikasi pengatur keuangan IOS serta Android yang seharusnya tersedia pada smartphone Anda.

1. Dompet Digital

Dompet digital alias e-wallet adalah aplikasi yang memungkinkan simpanan uang Anda dapat diakses secara online. Manfaatnya hampir sama dengan dompet konvensional yang selama ini tak pernah ketinggalan dari kantong atau tas Anda.

Bisnis investasi terpercaya ini lebih aman dibandingkan membawa uang tunai kemana-mana yang akan membuat Anda menjadi magnet untuk para kriminal. Selain itu e-money juga memudahkan Kamu melakukan transaksi kapan dan dimana saja.

E wallet juga bisa menjadi pilihan untuk memberikan uang saku kepada buah hati Anda dengan cara yang lebih aman dan hemat.

2. Aplikasi untuk Mengelola Keuangan

Tidak perlu lagi membuat neraca keuangan pribadi atau keuangan dengan berlembar-lembar kertas atau buku tebal. Kamu sekarang tinggal mengunduh saja aplikasi pengelolaan keuangan pada App Store atau Google Play.

Tidak hanya untuk mengatur keuangan pada skala kecil, misalnya keuangan keluarga, Anda juga dapat mengunduh aplikasi keuangan bisnis.

Aplikasi tersebut menyediakan fitur-fitur yang dapat membantu Anda mengatur keuangan dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran. Dengan aplikasi ini Kamu juga dapat melacak pos-pos anggaran yang dirasa pemborosan sehingga dapat melakukan evaluasi.

Data tersebut dapat digunakan sebagai acuan untuk membuat perencanaan keuangan yang paling ideal menurut Anda.

3. Online Banking

Untuk melakukan berbagai aktivitas perbankan sekarang Anda tidak perlu membuang-buang waktu mendatangi kantor atau cabangnya. Online banking menyediakan layanan perbankan sama seperti bank konvensional dengan cara yang lebih mudah dan praktis.

Kapan dan dimanapun Kamu bisa melakukan transfer, membayar belanja di online shop, membayar tagihan bulanan (listrik, air, dan internet), dan sebagainya. Kebanyakan bank-bank besar terkemuka di tanah air telah melengkapi layanannya dengan online banking.

Kalau bingung memilih bank dengan layanan yang paling memenuhi kebutuhan keuangan, Anda tinggal browsing saja. Sekarang cukup banyak situs terpercaya yang menampilkan konten berkonsep perbandingan produk keuangan.

Jadi Kamu tidak perlu buang-buang waktu mengunjungi kantor bank satu demi satu.

4. Aplikasi Investasi Online

Investasi sekarang terbuka bagi semua kalangan, tidak hanya untuk mereka yang mempunyai modal besar saja. Lagi pula sudah ada aplikasi pengatur keuangan Bahasa Indonesia untuk mengembangkan dana Anda pada berbagai instrumen investasi. Ini antara lain reksa dana, emas, saham, peer to peer lending berizin ojk dan sebagainya.

Agar tidak terjebak menjadi korban perusahaan penanaman modal bodong, Kamu perlu mencermati legalitas dan perizinan platform investasi tersebut. Selalu pastikan kamu memilih perusahaan fintech peer to peer lending yang terdaftar di OJK.

Panduan Cerdas Mengelola Keuangan

Salah satu tujuan mengelola keuangan adalah agar di masa depan Kamu mempunyai sejumlah dana tertentu untuk suatu keperluan. Ini misalnya kebutuhan pendidikan anak. Nah, agar target tersebut terpenuhi, Anda bisa mencoba cara-cara berikut ini.

1. Menyusun Anggaran

Dengan membuat perencanaan keuangan Anda lebih mungkin untuk mengendalikan pengeluaran. Terapkan prinsip 40:20:30:10, yaitu 40% untuk biaya hidup, 30% untuk membayar tagihan rutin, 20% tabungan dan investasi, dan 10% untuk amal.

Setelah membuat anggaran, selanjutnya Anda harus berkomitmen untuk merealisasikannya.

2. Check-up Rutin Kesehatan Finansial

Bukan hanya kesehatan fisik saja yang perlu dimonitor secara teratur, tetapi juga kesehatan keuangan Anda. Dengan kebiasaan ini Anda akan menemukan bagian-bagian yang perlu dikoreksi dalam pengelolaan keuangan pribadi.

Inilah sebabnya memiliki aplikasi laporan keuangan Android akan sangat membantu.

Financial check-up dapat dilakukan dengan intensitas mulai 1 bulan sekali, setiap 1 semester, atau setiap tahun. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan rajin memeriksa tabungan, asset, pinjaman, pendapatan, dan pengeluaran.

Ini salah satunya dapat meningkatkan kondisi keuangan agar target finansial di masa depan dapat diwujudkan.

Sekarang tidak perlu ragu lagi mengunduh aplikasi pengatur keuangan pada smartphone Anda, bukan? Semoga bermanfaat!

Bagikan artikel ini apabila Bermanfaat

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *